Analisis Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Capaian Standar Kompetensi Sikap Siswa Kelas 4-6 pada Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen di SDN 001 Kabupaten Tana Tidung

Adeline Dede

Abstract

Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengharapkan perkembangan dalam penerapan kurikulum 2013 secara khusus dalam ruang lingkup pendidikan agama Kristen, mengingat dalam proses peralihan kurikulum ini ada begitu banyak kebimbangan yang terjadi dimana banyak tenaga pendidik masih belum bisa menggunakan kurikulum 2013 dengan baik dalam proses belajar mengajar, sehingga proses penilaian pada anak didik pun terlihat tidak maksimal. Oleh sebab itu melaluinya penulis mengambil inisiatif menuliskan skripsi ini guna mengetahui bagaimana peran penerapan kurikulum 2013 dalam capaian standar kompetensi siswa pada masa peralihan kurikulum ini secara khusus dalam ruang lingkup SDN. 001 Tana Tidung dimana tempat penulis melakukan praktek kerja lapangan. Metode yang digunakan penulis ialah: pertama, pengambilan dan pengumpulan data melalui jurnal-jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan judul yang dibatasi dalam skripsi ini. Kedua, dengan menyebarkan angket secara langsung kepada siswa-siswi SDN 001 Tana Tidung kelas 4-6 secara random. Ketiga melakukan wawancara kepada guru-guru SDN 001 Tana Tidung sebagai penguat data. Dari hasil pembahasan yang ada maka penulis mengambil kesimpulan bahwa penerapan kurikulum 2013 dapat mempengaruhi capaian standar sikap siswa tetapi tidak hanya sampai disitu saja ketercapaian standar kompetensi sikap siswa dapat terwujud dalam kerohanian yang baik pula yang dimiliki oleh anak didik. Kata Kunci: Capaian, Penerapan kurikulum, Sikap, Kerohanian, Anak Didik.

Metrics

  • 84 views
  • 86 downloads

Publisher

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray is a college of theology located in Makassar, South Sulawesi, In... see more