Bab buku // Universitas Fajar






Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Perguruan Tinggi Dalam Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0
Februari 9, 2019
Helaluddin Helaluddin, Hengki Wijaya

Metrik

  • Eye Icon 1124 views
  • Download Icon 626 kali diunduh
Metrics Icon 1124 views  //  626 kali diunduh
Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Perguruan Tinggi  Dalam Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0 Image
Abstrak

Memasuki era revolusi industri 4.0, dunia pendidikan harus segera berbenah dalam mempersiapkan diri khususnya terkait dengan sumber daya manusia di perguruan tinggi. Dosen sebagai faktor penentu dalam kemajuan pendidikan dituntut untuk selalu meng-upgrade skill dan kemampuannya. Di Indonesia, mayoritas dosen didominasi oleh generasi baby boomers dan generasi X atau digital immigrant yang pada praktiknya di lapangan tidak sedikit yang mengalami kendala. Salah satunya disebabkan oleh kenyataan bahwa mahasiswa sekarang merupakan generasi milenial atau digital native yang cenderung memiliki gaya dan pola belajarnya sendiri. Artikel ini menyoroti tentang kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai oleh dosen di era revolusi industri 4.0 saat ini, yaitu: (1) educational competence, (2) competence in research, (3) competence of technological commercialization, (4) competence in future strategies, (5) counselor competence, dan (6) competence in globalization.

Teks lengkap
Show more arrow
 

Metrik

  • Eye Icon 1124 views
  • Download Icon 626 kali diunduh
Metrics Icon 1124 views  //  626 kali diunduh