Pengaruh Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 002 Salueno Sulawesi Barat

Datu Paulus Kumba
Thesis Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar • Desember 2018 Indonesia

Abstrak

Tujuan penulisan skripsi adalah untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran pendidikan Agama Kristen terhadap prestasi siswa di Sekolah Dasar Negeri 002 Salueno Sulawesi Barat. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pada dasarnya metode sangat penting dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa demi tercapainya suatu tujuan yang diharapkan. Kedua, alasan penggunaan metode dalam mengajar karena adanya perbedaan, pemahaman, perbadaan pengalaman, situasi dan lingkungan belajar. Ketiga, metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar itu sangat besar pengaruhnya terhadap siswa sehingga siswa mampu mengerti pelajaran yang diajarkan oleh guru disekolah dan bisa untuk berprestasi. Keempat, dalam belajar sangat dibutuhkan motivasi baik dari guru maupun dari orang tua siswa, sehingga siswa dapat belajar dengan baik, dan mampu mengaplikasikan setiap pelajaran yang diterima disekolah, untuk dikembangkan dan siswa bisa berprestasi sebagaimana yang diharapkan oleh guru maupun orang tua siswa itu sendiri. Kelima, dalam hal penerapan metode mengajar, dapat dikatakan sudah memenuhi kriteria-kriteria yang ada, seperti kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan metode yang diterapkan, sehingga dapat membantu siswa untuk memahami pelajaran dengan baik.

Metrik

  • 119 kali dilihat
  • 153 kali diunduh

Penerbit

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray (STT Jaffray) merupakan perguruan tinggi teologi yang terdapat d... tampilkan semua