TY - THES AU - Rosdiana Rosdiana T1 - Pengaruh Evaluasi Belajar terhadap Capaian Kompetensi Penguasaan Pengetahuan pada PAK di SMP 3 Kalumpang T2 - Sekolah Tinggi Theologia Jaffray PB - Sekolah Tinggi Theologia Jaffray DA - 2018/// PY - 2018 SP - 210 EP - 222 AB - Tujuan penulisan ini untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Evaluasi Terhadap Capaian Kompetensi Penguasaan Pendidikan Agama Kristen di SMPN 3 Kalumpang.Evaluasi merupakan salah satu komponen yang penting dalam tahap yang harus ditempuh untuk mengetahui keaktifan pembelajaran. Hal yang penting ini dilakukan di sekolah karena untuk mengetahui siswa sampai dimana mereka menerima materi yang di sampaikan oleh guru kepada mereka. Dan evaluasi merupakan salah satu cara atau metode yang dilakukan oleh guru untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan dan kompetensi dari siswa. Kemampuan para siswa dalam belajar dan menerima pelajaran tentunya berbeda-beda, ada yang cepat tanggap dan ada yang lamban, itulah kompetensi mereka masing-masing memiliki karakter. Masalah inipun terjadi di SMPN 3 Kalumpang, di mana tiap-tiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam belajar dan menguasai pelajaran. Tugas yang diberikan kepada siswa merupakan pendorong kepada siswa supaya mereka bisa mengingat kembali pelajaran yangdiberikan oleh guru di sekolah, bukan hanya guru yang terlibat mengajar siswa, tetapi orang tua juga terlibat di dalamnya. Sehingga perkembangan kemampuan peserta didik dari waktu kewaktu berdasarkan umpan Balik dan refleksi diri sehingga siswa mengingat kembali sampai di mana siswa mencapai dengan baik di dalam pendidikan. Tes yang dilakukan kepada siswa itulah yang bisa membantu siswa untuk guru mengetahui sampai di mana penguasaan materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa. ER -