@misc{KajianProfesionalismeGuruterhadapPrestasiBelajarSiswaSMPNegeri2TumbangSirat, author = {Dina Natalia}, title = {Kajian Profesionalisme Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 2 Tumbang Sirat}, publisher = {Sekolah Tinggi Theologia Jaffray}, year = {2018}, abstract = {Adapun yang menjadi tujuan penulisan karya ilmiah ini ialah: Untuk mengetahui adanya pengaruh antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Tumbang Sirat. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penyusunan karya ilmiah ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan sebagai berikut: Pertama, studi kepustakaan yaitu penulis membaca dan mengambil data dari buku-buku, jurnal dan internet yang berhubungan dengan judul sebagai penambah materi untuk memproleh sumbangan pikiran, gagasan, dan ide-ide yang baru yang berguna untuk penyusunan skripsi. Kedua, penulis mengadakan observasi langsung di lapangan, yaitu dengan cara membagikan angket secara tertutup yang disebarkan kepada siswa kelas 7 dan 8 dengan tujuan mendapatkan data yang akurat tentang sejauh mana pengaruh profesionalisme guru terdapat prestasi belajar siswa/ i SMP Negeri 2 Tumbang Sirat. Dengan berakhir Bab IV, maka penulis akan mengakhiri penulisan skripsi dan mengambil kesimpulan serta memberi saran-saran yang berkaitan dengan pokok pembahasan dalam penulisan ini.   Adapun kesimpulan dan saran-saran tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, guru atau pendidik memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dalam peningkatan kualitas pendidikan, karena melalui pendidikan guru dapat menolong siswa yang kurang berprestasi sehingga siswa dapat mencapai hasil yang maksimal dalam pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan standar yang diberikan oleh pemerintah. Kedua, guru atau pendidik perlu memahami tugasnya sebagai pendidik, dengan demikian guru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik sebagaimana mestinya. Karena melalui pemahaman-pemahaman pendidik akan didikkannya akan memudahkan guru atau pendidik melaksanakan proses pembelajaran dengan efektif dan itu dapat menolong siswa mencapai prestasi belajarnya. Ketiga, keberhasilan guru sebagai pendidik juga dapat ditentukan oleh metode-metode dan media yang digunakan dalam melaksanakan proses pendidikan, penggunaan metode dan media sangat menolong guru atau pendidik dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar kepada siswa. Keempat, guru atau pendidik harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, baik faktor-faktor internal maupun faktor-faktor eksternal.}, school = {Sekolah Tinggi Theologia Jaffray}, pages = {132--148}, }