TY - THES AU - Welsi Asna Rowa T1 - Pengaruh Metode Penelaahan Alkitab Induktif terhadap Pembentukan Karakter Anak di Kelas VII SMP Negeri 4 Tobadak Mamuju Tengah T2 - Sekolah Tinggi Theologia Jaffray PB - Sekolah Tinggi Theologia Jaffray DA - 2018/// PY - 2018 SP - 269 EP - 282 AB - Tujuan penulisan ini adalah menjelaskan sejauh mana pengaruh metode penelaahan Alkitab Induktif terhadap pembentukan Karakter anak kelas VII SMPN 4 Tobadak, Mamuju Tengah. Adapun metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan angket serta melalui kepustakaan yaitu melalui buku-buku yang ada di perpustakaan. Dari hasil penelitian ini maka penalis menarik beberapa kesimpulan. Pertama, Penelaahan Alkitab Induktif  dapat diperhitungkan untuk digunakan dalam dunia pendidikan, sekalipun penelaahan Alkitab masih sangat jarang dilakukan di sekolah tetapi metode PA Induktif juga salah satuh metode yang dapat menolong para siswa-siswi untuk dapat belajar firman Tuhan dengan baik. Kedua, penelaahan Alkitab induktif ketika di ikuti dengan benar dan diajarkan dengan baik maka kehidupan anak itu akan berubah lewat pertolongan roh kudus anak. Karena hanya roh kuduslah yang mampu mengubah setiap karakter dalam pribadi setiap orang.Ketiga, pembentukan karakter dapat dialami seseorang di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat. Pembentukan karakter tersebut akan memengaruhi cara  pandang terhadap diri dan lingkungannya yang tercermin dalam perilakunya sehari-hari, sebab lingkungan dimana anak tinggal merupakan salah satu yang dapat memengaruhi pertumbuhan karakternya. Keempat, dengan adanya PA Induktif yang dilaksanakan di sekolah, memberikan pengaruh yang baik kepada siswa-siswi khususnya  dalam pembentukan karakter emosi, kelompok teman sebaya, kejujuran dan kedisiplinan. Disamping itu, masih ada juga sebagian anak yang belum mengalami petumbuhan karakternya, disebabkan karena faktor kepribadian mereka. ER -